Qlue, Aplikasi Kreatif Karya Anak Bangsa


Halo sobat creatology! kembali lagi bersama saya di artikel Qlue, Aplikasi Kreatif Karya Anak Bangsa. Mungkin masih banyak dari kalian yang baru mengenal aplikasi ini. Yuk langsung saja kita bahas apa sih aplikasi Qlue itu

Qlue adalah sebuah platform untuk masyarakat agar dapat memberikan laporan apapun secara langsung kepada pemerintah maupun pihak swasta. Qlue berkolaborasi dengan pemerintah dan juga pihak swasta untuk menyalurkan segala keluhan masyarakat dan pelanggan agar tersampaikan dan dapat ditindaklanjuti. Qlue adalah media sosial yang berperan sebagai platform kota pintar, yang dapat membawa perubahan bagi kota Anda.[1]

Jadi aplikasi ini bisa digunakan sebagai media penyampaian keluhan atau laporan tentang hal - hal yang tidak beres di sekitar kita. Cukup menarik ya... di jaman ini apapun menjadi mudah hehehe...

Bagi yang ingin mencobanya langsung saja di download aplikasinya


Setelah itu buka dan kalian akan disuruh login dengan media sosial yang kalian punya, seperti facebook, google+, dll, atau kalian juga bisa menggunakan email untuk mendaftar. Jika sudah login maka kalian akan diberikan sambutan awal berupa cara penggunaan aplikasi dan kalian memulainya dari mencari kelurahan di dekat kalian.


Klik pada tombol "Klik DISINI Untuk Bergabung" untuk bergabung dengan kelurahan kalian, dan cari kelurahan kalian.


Disini saya bergabung dengan kelurahan kerobokan kaja.


Disini kita bisa melihat bahwa aplikasi ini berbentuk timeline, dimana timeline itu berupa laporan laporan yang terjadi di sekitar kita. Contohnya yang saya dapatkan adalah pada laporan username bernama hajilutung di atas.


Setelah saya buka ternyata laporannya direspon oleh BCA_ID, seperti pada gambar diatas. Entah memang akan sampai laporannya dan ditindak lanjuti atau sekadar komentar hehehe... tapi menurut saya laporannya sampai dan ditindak lanjuti, masa bank sekelas BCA tidak sanggup menutup tempat uang atm? hahaha...

Jika kita meng-explore lebih banyak keluhan memang banyak keluhan - keluhan yang disampaikan di qlue ini. 

Di aplikasi ini juga terdapat laman profil. Disini kita bisa menyetting foto profil kita, pengaturan, bantuan dan lainnya.



Untuk menyampaikan keluhan kalian bisa menekan dan tahan icon orang yang membawa toa di bagian tengah bawah, maka akan muncul tampian seperti ini.


Cukup drop icon orang tersebut ke menu yang akan kita pilih. Terdapat 3 buah menu yaitu Permasalahan Kota, Obrolan Lingkungan, dan Feedback ke Swasta, dimana:
  • Permasalahan Kota untuk melaporkan masalah - masalah yang ada di kota kalian.
  • Obrolan Lingkungan untuk memulai obrolan di lingkungan sekitar kalian.
  • Feedback Swasta untuk memberikan feedback kepada perusahaan swasta yang ada di sekitar kalian.
Aplikasi ini merupakan aplikasi yang masih baru dan perlu banyak perbaikan. Mungkin kalian akan menemukan beberapa error di aplikasi ini, tadi saya sempat mendapati aplikasi ini crash :(. Aplikasi ini bisa digunakan sebagai langkah awal untuk melakukan perubahan di kota kita, seperti motto nya "Perbaiki Kota-mu". Mungkin kedepannya akan banyak lagi fitur - fitur yang ditambahkan dan pemerintah ataupun pihak swasta lainnya bisa bekerja sama dengan Qlue ini.

Baiklah sekian dari saya tentang aplikasi Qlue ini, bila ada yang ingin ditanyakan bisa dicomment ya... Mohon maaf bila ada kesalahan kata. Terima Kasih.

Sumber:
[1] : - https://goo.gl/4qs5Wr
Logo qlue sepenuhnya milik qlue
Previous
Next Post »
Thanks for your comment